Camly - A Responsive Blogger Theme, Lets Take your blog to the next level.

This is an example of a Optin Form, you could edit this to put information about yourself.


This is an example of a Optin Form, you could edit this to put information about yourself or your site so readers know where you are coming from. Find out more...


Following are the some of the Advantages of Opt-in Form :-

  • Easy to Setup and use.
  • It Can Generate more email subscribers.
  • It’s beautiful on every screen size (try resizing your browser!)

Bisnis gratis,klik!

by

Pengertian Dasar Internet

Assalamualaiakum,wr.wb.
Kali ini kita akan membahas tentang pengertian dasar internet dan berbagai macam aplikasi internetnya sob.!


  •   Apa itu Internet?



 Internet berasal dari kata International Network [Williams & Sawyer,2011]. Kalau diterjemahkan secara langsung berarti jaringan internasional. Internet adalah kumpulan computer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan international karena internet menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.

  •   Berbagai Aplikasi Internet
Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web  (www), Email, Mailing list (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, Ping, dan VoIP.

1)      World Wide Web
World Wide Web atau www atau bias disebut juga web, merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi web memungkinkan komputer-komputer di internet saling mempertukarkan informasi dalam format dokumen khusus yang disebut dengan format hypertext atau hypermedia. Dokumen Web yang mempunyai format hypermedia dibuat dengan menggunaan Hypertext Markup Language (HTML).

2)      Surat Elektronik
Surat elektronik (electronic mail), atau lebih dikenal dengan istilah email, adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama persis dengan mengirimkankan sebuah surat biasa. Perbedaannya, email dikirim dalam bentuk elektronik dan dikirim melalui jaringan komputer yang ada di internet. Selain mengirimkan pesan, email juga dapat digunakan untuk mengirimkan file-file dokumen,gambar, video, suara,  dan , sebagainya.

3)      Mailing List
Mailing List atau sering disebut juga milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke semua alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

4)      Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa multimedia (audio visual) dengan menggunakan fasilitas video konferens, media teks saja, atau media teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC). Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board. Dengan newsgroup, setiap orang bebas menempelkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

5)      Internet Relay Chat
Internet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting. Dengan menggunakan fasilitas ini, pelaku dapat ”bercakap-cakap” sambil melihat gambar orang yang sedang diajak chatting.

6)      File Transfer Protocol
File Transfer Protocol atau lebih sering disingkat dengan FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (mengunduh atau download) file dokumen di sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.

7)      Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letakya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kamu mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses (user ID dan password) ke komputer tersebut.

8)      Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks, untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, kamu harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.

9)      Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Goprher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang edang digunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket datake komputer target.

10)   VoIP
VoIP, singkatan dari Voice over Internet Protocol, adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data suara dikirimkan melalui internet (internet protocol). VoIP memungkinkan kamu dapat berbicara langsung dengan orang lain di tempat yang jauh. Namun berbeda dengan telepon , yang mengirimkan suara melalui jaringan telepon, VoIP mengirimkan suara melalui jaringan internet. Keuntungannya, biaya percakapan menjadi lebih murah karena biaya yang dikeluarkan hanya merupakan biaya koneksi internet.

Cukup Sekian bos dengan artikel ini mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua. Salam Blogger!
Wassalamualaikum,wr.wb.

0 komentar:

Post a Comment